Mengenal Sir John Cornforth Sosok Inspiratif yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Sir John Cornforth, Sang Ilmuwan yang Inspiratif

Salah satu ilmuwan legendaris bernama Sir John Cornforth hari ini terpapang di laman utama mesin penelusuran raksasa Google. Sir John Cornforth merupakan salah satu ilmuwan cerdas yang lahir pada 7 September 1917 di Sidney. Rupanya di balik kecerdasannya, Sir John Cornforth kehilangan pekerjaannya sejak remaja, bahkan di usia 20 tahun ia mengalami tuli total. Akibat dari hilangnya pendengarannya tersebut, Sir John Cornforth tak dapat mendengar penjelasan dosennya saat bersekolah di University of Sydney.


Akan tetapi meski demikian, secara autodidak dia mampu memahami buku teks kimia yang ia baca. Hari ini, di hari ulang tahun sang ilmuwan yang ke 100 tahun, Google memberikan apresiasi sekaligus merayakan ulang tahun sang legenda dengan menayangkan karikatur di Google doodle. Dalam penayangan karikatur tersebut, sang ilmuwan legenda muncul dengan kacamata sebagai ciri khas-nya. Di sekelilingnya terdapat karikatur alat-alat laboratorium kimia dasar dimana diantaranya gelas ukur hingga cawan penguap.

 Jasa Sir John Cornforth yang begitu berarti bagi dunia di bidang ilmu pengetahuan. Karya ilmiyahnya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim membawanya memenangi Nobel Kimia pada tahun 1975. Selain ilmunya yang begitu berarti dalam kehidupan manusia di dunia, Cornforth juga memiliki sebuah kisah cinta yang sangat "chemistry", perjalanan hidupnya menjadi begitu mengnspirasi banyak orang di dunia. Semua berawal dari pertemuannya dengan wanita sesama ahli kimia bernama Rita Harradence.



 Ketika itu Rita tidak sengaja memecahkan labu laboratorium lalu meminta agar Sir John Cornforth memperbaikinya. Di tahun 1939, kedua ahli kimia tersebut sama-sama mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan di Oxford hingga dua tahun kemudian keduanya menikah. Sepanjang hidup mereka yang begitu "chemistry", keduanya telah menulis lebih dari 40 jurnal ilmiah.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Jauh Negara Fiji, Negara dengan 909 Ribu Penduduk

Mengapa Belajar Bahasa Arab?

Cegah Muslim Rohingya Myanmar Kembali, Tentara Myanmar Pasang Ranjau