Mengenal Lebih Jauh Negara Fiji, Negara dengan 909 Ribu Penduduk


Timnas Indonesia baru saja bertanding melawan Fiji dalam laga ujicoba yang di gelar pada hari Sabtu, tanggal 2 September 2017 di Stadion Patriot, Bekasi. Dalam pertandingan tersebut Negara Fiji telah berhasil menahan imbang timnas Indonesia tanpa gol. Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla hanya memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan Boaz Solossa, Irfan Bachdim dan Andik Vermansah untuk laga ujicoba tersebut. Seperti yang di ketahui bahwa ketiga pemain tersebut adalah anggota timnas senior yang membela Indonesia di ajang AFF 2016 lalu.

Sementara Luis Milla sendiri baru saja membawa timnas Indonesia meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Tentu saja Luis Milla di tuntut untuk membuat strategi dengan cepat dan tepat agar waktu persiapan yang hanya tiga hari tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dalam laga ujicoba melawan Fiji tersebut besar harapan Indonesia untuk menang mengingat peringkat Indonesia di FIFA berada di atas Fiji. Sayangnya, hingga menit ke 95 tak ada gol yang tercipta dari kedua belah pihak hingga laga berakhir dengan skor kacamata.

Selain seputar dunia sepakbola, ada banyak fakta lain yang perlu di ketahui menenai negara Fiji ini. Mekipun hanya memiliki jumlah penduduk yang lebih kecil dari Indonesia dengan luas wilayah yang hanya mencapai 18.274 km2, namun timnas Fiji yang ada di posisi 181 FIFA berhasil menahan imbang timnas Indonesia yang ada di peringkat 175 FIFA. Negara yang memperoleh kemerdekaannya dari Britania Raya ini ternyata juga memiliki beberapa fakta menarik lainnya seperti berikut ini:

1. Negara kepulauan

Seperti halnya Indonesia, Negara Fiji juga merupakan negara kepulauan. Fiji memiliki 322 pulau, dimana 106 di antaranya adalah pulau  berpenghuni. Selain pulau- pulau yang dapat di huni juga terdapat 522 pulau kecil. Diantara banyaknya pulau di Negara Fiji, dua pulau terbesar adalah Viti Levu dan Vanua Levu dimana di dua pulau tersebut terdapat 82% dari keseluruhan penduduk negara ini.


2. Ibu kota Suva
Negara Fiji memiliki ibu kota bernama Suva yang berada di Pulau Viti Levu. Kota Suva adalah kota terbesar di negara ini, dimana penduduknya mayoritas adalah imigran dari India dan Pakistan.
3. Bahasa
Fiji memiliki 3 bahasa resmi yang ditulis dalam konsitusi Inggris yang diantaranya adalah bahasa yang digunakan oleh etnis Fiji, bahasa yang diperkenalkan ole koloni Britania Raya bernama Bau Fijian, serta bahasa yang dipakai oleh Indo-Fiji. Akan tetapi mayoritas bahasa yang sering di temui adalah bahasa Inggris mengingat mereka pernah dijajah selama seabad oleh Inggrish
4. Agama
Garis pemisah antara orang-orang Indo-Fiji dan penduduk pribumi Fiji adalah agama. Sebagian besar penduduk pribumi beragama Kristen (99,2 persen dalam sensus penduduk tahun 1996). Sementara para orang Fiji keturunan India kebanyakan beragama Hindu (76,7 persen) serta Islam (15,9 persen).

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Belajar Bahasa Arab?

Cegah Muslim Rohingya Myanmar Kembali, Tentara Myanmar Pasang Ranjau